Unissula Bimbing Usaha Kerajinan Kulit Ikan Pari

0 148

Unissula Bimbing Usaha Kerajinan Kulit Ikan Pari

Tim pengabdian masyarakat Unissula, Nurwidiana ST MT dan Dr Asyhari SE MM membimbing sejumlah nelayan di Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, untuk mengembangkan usaha kerajinan berbahan kulit ikan pari.

Menurut Asyhari, jumlah kulit ikan pari sebagai limbah sangat berlimpah, karena ikan pari tangkapan nelayan Sragi dari perairan pantura sangat banyak. Dikatakan, nelayan hanya mengambil daging ikan itu untuk diolah menjadi ikan asap yang punya nilai ekonomi tinggi. Pasalnya, ikan itu kurang enak dikonsumsi dalam kondisi segar. ‘’Limbah kulit ikan tidak dimanfaatkan dengan baik, padahal jumlahnya berlimpah,’’ kata dia, kemarin.

Melalui hibah program iptek bagi produk ekspor (IbPE) Kemristek Dikti, dua dosen itu membimbing nelayan agar hasil kerajinan kulit ikan pari bisa menembus pasar ekspor. Nurwidiana yang juga Ketua Tim IbPE Unissula menambahkan, ia dan Asyhari juga mendesain mesin penyamak kulit ikan pari.

‘’Ukuran mesin juga disesuaikan dengan skala industri kecil menengah (IKM). Mekanisasi itu untuk meningkatkan efisiensi sekaligus kualitas produk,’’ujarnya. Menurutnya, mesin tersebut dapat menyamak dan mewarnai kulit ikan pari. Dilengkapi dua tabung pewarna, mesin itu bahkan bisa memproses dua warna sekaligus.

Dua dosen itu juga memperkenalkan Majal Lubab, perajin, yang telah mengkreasi kulit ikan pari menjadi gelang, dompet, tas, ikat pinggang, dan sebagainya. Dia sudah memasang merek White Blue untuk produk kerajinannya. Kepada wartawan, ia mengaku sejak awal tertantang memanfaatkan limbah kulit ikan pari. Dari pendampingan, kini ia bisa mengolah kulit ikan dan menyamaknya menjadi crusting

Dengan diwarnai dan diolah lebih lanjut, nilai ekonomi kulit ikan itu menjadi bertambah. Selain proses produksi, Tim IbPE juga memperbaiki pengembangan produk IKM White Blue.

Source https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/39582/unissula-bimbing-usaha-kerajinan-kulit-ikan-pari https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/39582/unissula-bimbing-usaha-kerajinan-kulit-ikan-pari
Comments
Loading...